Khasiat Daun Kumis Kucing

Selasa, 23 Maret 2010 ·

Tanaman kumis kucing merupakan tanaman berbentuk semak dan tingginya bisa mencapai 1,5 meter. Tanaman ini bisa tumbuh di tempat kering maupun basah pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman kumis kucing mempunyai daun berbentuk telur taji, tepi daunnya bergerigi kasar. Bunganya menyerupai kumis kucing (mungkin ini sebabnya tanaman ini disebut kumis kucing) yang mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih dan ungu.

 

Tanaman ini ternyata memiliki sejumlah khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ini disebabkan karena daun kumis kucing mengandung kadar kalium (boorsma) yang cukup tinggi. Selain itu juga mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

 

Bunga tanaman kumis kucing merupakan bunga majemuk dalam tandan yang keluar di ujung percabangan. Warnanya ungu pucat atau putih. Benang sarinya lebih panjang dari tabung bunga. Buah kumis kucing berupa buah kotak dan berbentuk bulat telur. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan biji maupun stek batang.

 

Herba tanaman ini rasanya manis namun sedikit pahit. Herba tanaman kumis kucing ini bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit yaitu infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kemih.

 

Berikut ini ramuan dari kumis kucing :

 

Ø      Untuk mengobati penyakit infeksi ginjal dan hipertensi (tekanan darah tinggi)

Caranya :

Cuci 30 gram herba segar kumis kucing, herba daun sendok dan rumput lidah ular. Rebus di dalam 3 gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas sebanyak dua kali sehari.

 

Ø      Untuk mengobati infeksi saluran kencing, sering buang air kecil (volume sedikit dan anyang-anyangan)

Caranya :

Herba segar daun kumis kucing, meniran dan alang-alang masing-masing 30 gram dicuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut dipotong-potong lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tinggal tersisa setengahnya. Setelah dingin lalu disaring kemudian diminum masing-masing setengah gelas sebanyak 3 kali sehari.

 

Ø      Untuk mengobati kencing batu

Caranya :

90 gram herba kumis kucing dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, diminum sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh.

[*]

Artikel Menarik Lainnya



1 komentar:

suwune mengatakan...
18 Juli 2010 pukul 20.22  

kalau ada infonya buat ngilangin gatal-gatal dan salam kenal, suwun

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging