Rahasia Senyum Mona Lisa Terungkap

Rabu, 28 Juli 2010 ·

PARIS - Siapa yang tak kenal dengan lukisan Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci? Hampir semua penggagum seni terkesima dengan rahasia dibalik senyum Mona Lisa. Nah, seorang ilmuwan asal Perancis menemukan rahasia dibalik legenda lukisan tersebut.

Menurut para ilmuwan tersebut, teknik yang digunakan oleh Da Vinci disebut Sfumato. Teknik ini memberikan garis besar, kontur dan menciptakan ilusi kedalaman dan bayangan. Para ilmuwan tersebut menemukan 30 lapisan cat pada lukisan yang dibuat oleh sang maestro.

Lapisan yang terdapat dalam cat tersebut yang berukuran kurang dari 40 mikrometer atau sekitar setengah dari ketebalan rambut manusia itu menjadi standar karyanya. Demikian yang dilansir AP, Selasa (20/7/2010).

Para ilmuwan itu melakukan penelitian dengan cara membandingkan tujuh lukisan buatan da Vinci yang tersimpan di Museum Louve di, Paris, termasuk salah satunya yang paling terkenal, yaitu Mona Lisa.

"Beberapa lapisan cat pada lukisan lain menunjukkan pelukis tersebut terkadang menggunakan glasir," terang salah satu ilmuwan.

Seperti diketahui, lukisan Mona Lisa diperkirakan dibuat pada 1503. Perempuan pada lukisan itu diduga bernama Lisa Gherardini, istri pedagang Florence Francesco del Giocondo.

Sumber : Okezone

[*]

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging