Leluhur Manusia Migrasi dari Afrika Lebih Awal?

Senin, 31 Januari 2011 ·

Penemuan beberapa alat yang terbuat dari batu di daerah selatan Arab telah memaksa para ilmuwan untuk memikirkan kembali teori mengenai migrasi manusia pertama kali keluar dari Afrika.

Koleksi dari kapak dan alat lainnya yang digunakan untuk memotong, mengiris dan mencukur bulu, menandakan awal dari kehidupan manusia. Akan tetapi usia perkiraan dari benda-benda yang ditemukan tersebut adalah 125 ribu tahun yang lalu, sekira 55 ribu tahun sebelum nenek moyang manusia modern meninggalkan benua Afrika. Demikian seperti yang dikutip dari Irish Times, Jumat (28/1/2011).

Artefak yang ditemukan di Uni Emirat Arab tersebut menandakan tanda dari kehidupan manusia kuno, yang mungkin berpindah dari Afrika ke Arab melalui Laut Merah yang bisa dilewati di akhir jaman es. Setelah berpindah, para leluhur manusia modern ini mungkin terus melewati Teluk Persia, setelah itu mungkin sampai India, Indonesia dan Australia.

"Penemuan ini cukup spektakuler karena bisa mematahkan teori-teori perpindahan manusia modern jaman dulu," ujar Michael Petraglia, seorang arkeolog dari Oxford University.

Anatomi manusia modern, yang ada pada orang-orang yang hidup di masa kini, berevolusi di Afrika sekira 200 ribu tahun yang lalu. Sampai saat ini kebanyakan bukti arkeologi mendukung teori eksodus/migrasi manusia dari Afrika.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Hans-Peter Ürpmann dari University of Tübingen, Jerman, menemukan alat-alat batu ketika melakukan penggalian batuan sedimen di gunung bernama Jebel Faya, sekira 55 km dari pantai Teluk Persia.

Penggalian sebelumnya di situs tersebut telah ditemukan artefak dari periode baja, perunggu dan neolitik. Sebuah bukti bahwa formasi batuan di gunung tersebut telah menyediakan tempat tinggal untuk manusia selama ribuan tahun.


Sumber : Okezone

[*]

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging