Planet dengan Temperatur Terpanas Ditemukan

Minggu, 30 Januari 2011 ·


Sejumlah ilmuwan menemukan planet yang diyakini sebagai planet terpanas yang pernah ada, demikian disitat Daily Mail, Jumat (28/1/2011).

Planet itu, WASP-33b, juga dikenal sebagai HD15082, memiliki temperatur permukaan mencapai 3.200 derajat Celcius. Temperatur yang sangat tinggi ini memang cukup masuk akal, mengingat planet tersebut mengorbit sangat dekat dengan bintangnya, yang memiliki suhu 7.160 derajat Celcius.

Berjarak sekira 380 tahun cahaya di konstelasi Andromeda, keberadaan WASP-33b mulai tercium para ilmuwan pada 2006, setelah mereka menyadari adanya kilau teratur dari bintang WASP-33b.

Itu dikarenakan, WASP-33b, yang berukuran 4,5 kali lebih besar daripada Jupiter, mengelilingi bintangnya dengan jarak tujuh persen lebih dekat ketimbang jarak antara Merkurius dan matahari. WASP-33b sendiri menyelesaikan orbit setiap 29,5 jam.

Penelitian ini dipimpin oleh Alexis Smith dari Universitas Keele di Staffordshire. Smith dan timnya menemukan emisi udara panas WASP-33b dengan menggunakan sinar infra merah kamera pada Teleskop William Herschel di Kepulauan Canary.

Temperatur planet ini lebih panas 900 derajat Celcius daripada WASP-12b, yang sebelumnya disebut sebagai planet terpanas di galaksi Bima Sakti.



Sumber : Okezone

[*]

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging