AIDS dan Diabetes Bisa Dideteksi Lewat Mulut

Jumat, 18 Februari 2011 ·

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Dr drg Diah Savitri MSi Sp.PM, menyatakan HIV/AIDS, diabetes, hepatitis, herpes, ginjal, dan penyakit sistemik lainnya dapat dideteksi lewat rongga mulut. "Tidak banyak orang yang tahu bahwa rongga mulut dapat menjadi indikator adanya penyakit sistemik yang diderita seseorang," kata guru besar bidang Ilmu Penyakit Mulut itu di Surabaya, Kamis (17/2).

Diah mengemukakan hal itu didampingi dua rekan sejawatnya yang sama-sama dikukuhkan pada 19 Februari yakni Prof Dr drh Nunuk Dyah Retno Lastuti MS (FK) dan Prof Dr Bambang Tjahjadi SE MBA Ak (FE). "Dokter penyakit mulut selama ini tidak dilirik masyarakat. Karena, masyarakat cenderung kepada dokter gigi atau dokter umum. Padahal, dokter penyakit mulut itu dapat mendeteksi gejala penyakit sistemik sehingga dapat dicegah lebih dini," katanya.

Menurut Guru Besar ke-401 Unair itu, gejala penyakit sistemik itu dapat dideteksi pada rongga mulut lewat tanda-tanda seperti sariawan yang tidak sembuh selama 14 hari, bercak putih, gigi bergoyang, dan sejenisnya. "Tapi, indikasi yang tampak itu harus dibuktikan terlebih dulu lewat pemeriksaan rongga mulut secara intensif, termasuk dengan dukungan bagian lain seperti bagian penyakit dalam," katanya.

Ia mencontohkan gigi bergoyang dalam usia masih muda seperti 20 atau 25 tahun, maka gejala itu merupakan indikasi penderitanya mengalami "diabetes mellitus" (penyakit kencing manis). "Diabetes Mellitus juga dapat diindikasikan dengan mulut terasa kering, panas, atau terbakar," kata guru besar yang akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Ilmu Penyakit Mulut (Oral Medicine) sebagai Jembatan yang Memfasilitasi Ilmu Kedokteran Gigi dan Kedokteran" itu.

Contoh lain, sariawan yang tidak sembuh lebih dari 14 hari, maka penderitanya terindikasi pengguna narkoba jarum suntik, tapi bisa juga karena gejala hormonal atau stres. "Karena itu, indikasi awal tersebut masih harus diikuti dengan pemeriksaan rongga mulut, sehingga indikasi itu terdeteksi dan akhirnya dapat diantisipasi," katanya.

Untuk gejala penyakit HIV/AIDS, indikasi yang dapat dideteksi pada rongga mulut adalah luka spesifik pada gusi. "Selasa (22/2), kami akan membuka pemeriksaan gigi dan mulut untuk pasien HIV/AIDS," katanya.

Contoh lain lagi adalah indikasi herpes yang dapat diketahui pada bintik-bintik yang menggumpal (melenting) pada rongga mulut. Sedangkan bercak putih pada rongga mulut bisa mengindikasikan sel ganas.

Sumber : http://id.news.yahoo.com/repu/20110217/tls-aids-dan-diabetes-bisa-dideteksi-lew-4d4f647.html

 

[*]

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging

Archives