Ramuan Anti Ketombe

Kamis, 21 April 2011 ·

Setiap hari, secara alami tubuh kita akan memproduksi sel kulit baru dan membuang yang sudah lama dan mati. Termasuk di dalamnya, ketombe, yang merupakan pergantian sel kulit mati yang berlebihan di kulit kepala kita.

Biasanya, ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering atau berminyak. Walaupun masalah ketombe bukanlah suatu penyakit kronis, namun kehadirannya bisa membuat kita merasa tidak percaya diri dan malu. Raciklah bahan alami berikut dan katakan selamat tinggal pada ketombe:

1. KelapaPerawatan dengan minyak kelapa adalah langkah terbaik untuk membantu melembapkan rambut yang kering dan kulit kepala yang berketombe. Caranya: Tuangkan 1 sendok teh minyak kelapa di rambut, kemudian lakukanlah pemijatan lembut pada kulit kepala Anda. Gunakan jari-jari kita untuk memastikan minyak sudah menyebar secara merata di seluruh bagian kulit kepala. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan sampo yang lembut, seperti sampo bayi. Hindari penggunaan sampo yang keras yang bisa "melucuti" kandungan minyak alami rambut kita. Lakukan perawatan ini satu kali seminggu. Setelah itu, nikmati rambut tanpa ketombe yang juga tidak kering, berkilau, dan mudah diatur.

2. MayonesUntuk melembapkan rambut yang kering dan berketombe, kita bisa juga menggunakan mayones sebagai pengganti minyak kelapa. Cukup dengan mengaplikasikan 1 sendok teh pure mayonaise pada rambut, kemudian ratakan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala dengan kedua tangan. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu, gunakan sampo yang lembut, dan akhiri dengan cuci rambut hingga bersih.

3. Cuka apelKandungan asam alami dalam cuka apel bisa menghilangkan minyak dan lemak. Jika masalah ketombe Anda disebabkan oleh keadaan kulit kepala yang berminyak, cobalah pakai cuka apel setiap kali selesai mencuci rambut. Campurkan ½ cangkir cuka ke dalam ¼ cangkir air. Tidak perlu membilas, karena cuka tidak akan merusak rambut kita.

4. Teh chamomileSelain berkhasiat untuk meredakan kegelisahan dan membuat kita lebih tenang, teh chamomile bisa membantu kulit kepala kita tetap lembap dan sehat. Atasi masalah "si putih" yang membandel dengan menyeduh 3 kantung teh dengan air yang mendidih. Biarkan teh terendam selama 5 menit, lalu angkat kantung teh. Setelah selesai berkeramas, gunakan air teh yang masih dalam keadaan hangat untuk membilas rambut.

5. Lidah buayaJus dari tanaman aloe vera memiliki khasiat yang bermacam-macam. Di samping bisa menyembuhkan kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari, lidah budaya juga bisa mengatasi masalah ketombe. Caranya cukup mudah, ambil dan taruh satu gumpal gel lidah budaya pada rambut. Kemudian, gosokkan hingga mengenai seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

[*]

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging