Cara Mulai Membuat Blog

Rabu, 12 Agustus 2009 ·

Mengawali postingan pertama ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat blog di blogger atau blogspot. Blogger atau blogspot merupakan salah satu fasilitas dari Google yang disediakan secara gratis untuk mulai membuat blog.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mulai membuat blog adalah masuk ke alamat blogger, yaitu http://www.blogger.com Selanjutnya klik pada Image seperti gambar di bawah ini. Kita akan menuju Form pendaftaran yang harus diisi sesuai dengan identitas kita.




































Cara Mengisi Form Pendaftaran






  • Email address - Isilah dengan alamat email yang dimiliki.
  • Enter a password - Isi dengan password yang dikehendaki.
  • Retype password - Ulangi password yang diisi tadi.
  • Word Verification - Isikan sesuai dengan huruf yang terlihat pada gambar.
  • Acceptance of Terms - Klik pada chek box yang bertuliskan ‘I accept the Terms of service’. Dengan mengklik ini berarti kamu setuju untuk mematuhi semua aturan yang tertera pada Terms of Service.

Jika semua sudah diisi, lalu klik Continue pada gambar panah seperti gambar di bawah ini.





Jika semua berjalan lancar dan semua sudah diisi dengan benar, maka kita akan dibawa menuju Form Penamaan Blog untuk memberi nama blog kita, seperti terlihat di bawah ini.











Penjelasan




  • Blog title
    Ini merupakan judul dari blog kamu nantinya. Kamu dapat mengisinya sesuai dengan selera. Kamu juga bisa mengubahnya nanti bila dibutuhkan.
  • Blog address (URL)
    Ini akan menjadi alamat dari blog kamu nantinya. Misal kamu isi dengan “blogkamu” maka alamat blog kamu nantinya menjadi http://blogkamu.blogspot.com. Klik pada link yang bertuliskan Chek Availability untuk memeriksa apakah alamat tersebut sudah ada yang menggunakannya. Jika menampilkan tulisan “This blog address is available”, berarti alamat tersebut bisa kamu gunakan. Jika menampilkan tulisan “Sorry, this blog address is not available”, berarti kamu harus mengganti dan mencari nama lain untuk alamat blog. Isi dengan nama lain lalu klik lagi link Check Availability untuk memeriksa.
  • Advance setup
    Kamu tidak perlu menghiraukan yang ini.

Memilih Template untuk blog

Jika sudah menemukan alamat yang bisa digunakan, klik pada tanda panah yang bertuliskan CONTINUE. Lalu kita akan dibawa menuju layar pemilihan Template yang merupakan design tampilan blog kita nantinya. Kita dapat memilih sesuai dengan selera, kita juga dapat mengubahnya nanti bila perlu. Kemudian klik pada gambar panah yang bertuliskan CONTINUE jika sudah menemukan Template yang cocok.

















Maka proses pembuatan blog di blogspot telah selesai. Blog yang baru kita buat sudah bisa digunakan. Kita bisa mulai membuat artikel dengan mengklik tanda panah bertuliskan START POSTING.









Selamat membuat blog

[*]

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging