NASA Temukan Tata Surya dengan 6 Planet

Kamis, 10 Februari 2011 ·

Teleskop luar angkasa Kepler telah membuat penemuan menakjubkan. Lewat konferensi pers yang digelar NASA Rabu (2/2/2011) siang waktu Washington atau Kamis (3/2/11) dini hari WIB, hal utama yang diumumkan adalah bahwa Kepler telah menemukan lebih dari 1200 planet dengan 54 diantaranya potensial mendukung kehidupan.

Namun, di luar isu utama tentang penemuan planet yang bisa dihuni itu, Kepler menyimpan temuan lain yang tak kalah menakjubkan. Teleskop luar angkasa yang baru beroperasi tahun 2009 ini menemukan sebuah tata surya baru beranggotakan 6 buah planet. Seluruh planet mengorbit satu bintang induk yang dinamai Kepler 11.

Tata surya baru itu berjarak 2000 tahun cahaya dari bumi. Tata surya ini unik sebab merupakan tata surya pertama yang memiliki jumlah planet transit lebih dari 3. Dalam konferensi pers yang digelar, NASA mengatakan, "Ini adalah grup terbesar planet transit mengorbit satu bintang induk yang pernah ditemukan di luar tata surya kita."

Planet transit secara sederhana bisa dikatakan sebagai planet yang sedang melewati muka bintang atau planet lain sehingga tampak seperti singgah di bintang tersebut. Proses transit yang terjadi mirip proses gerhana. Bedanya, dalam proses transit, benda yang lebih kecil berada di depan benda yang lebih besar sehingga benda kecil itu akan tampak seperti titik di benda besar. Sementara dalam gerhana, benda yang lebih besar melintas di muka benda yang lebih kecil sehingga menutupi. Besar kecil benda relatif dari sudut pandang pengamat. Dalam tata surya kita, tak jarang ditemui Merkurius transit di muka matahari atau planet lain.

Temperatur seluruh planet lebih panas dari Venus, sekitar 400 hingga 1400 derajat Fahrenheit. Para astronom mengungkapkan, seluruh planet yang mengorbit Kepler 11 memiliki ukuran lebih besar dari bumi. Rentang ukurannya sekitar 2 hingga 4,5 kali massa bumi. Planet yang terbesar diperkirakan memiliki ukuran setara dengan Uranus atau Neptunus. Keseluruhannya ditemukan dengan cara melihat peredupan cahaya bintang induk saat planet melintasi wilayah antara bintang dan teleskop.

Keunikan lain tata surya baru ini adalah arsitekturnya. Anggota tata surya Kepler 11 terdiri atas planet-planet tersusun kompak, memadati area di dekat bintang induk. Sebanyak 5 planet seolah mengumpul saling berdekatan sementara 1 lainnya tampak "terpental" karena sedikit terpisah. Planet terdekat adalah Kepler 11-b yang jarak dengan bintang induknya 10 kali lebih dekat dari jarak Bumi-Matahari. Sementara planet terjauh adalah Kepler 11-g yang jarak dengan bintang induknya 1/2 jarak Bumi-Matahari.

Sejauh ini, belum diketahui adanya tata surya dengan arsitektur sedemikian unik. Sebanyak 5 planet yang seolah mengumpul adalah Kepler 11-b, Kepler 11-c, Kepler 11-d, Kepler 11-d dan Kepler 11-e. Sementara, planet yang sedikit terpental adalah Kepler 11-g. Seluruhnya merupakan planet yang terdiri atas campuran batuan, gas dan mungkin air.

Planet Kepler 11-d, Kepler 11-e dan Kepler 11-f mempunyai jumlah gas ringan yang signifikan, menandakan bahwa ketiganya baru terbentuk dalam jangka waktu beberapa juta tahun terakhir. Seluruh planet memiliki waktu revolusi antara 10-47 hari.

Dengan penemuan tata surya baru ini, Kepler semakin memantapkan posisinya sebagai teleskop luar angkasa unggulan masa kini. Prediksi Geoff Marcy, astronom dari University of California di Berkeley, pada tahun 2020 Kepler akan menemukan setidaknya 10.000 planet. Sementara pada tahun 2030, jumlahnya temuannya bisa bertambah 20.000 lagi. Hingga konferensi NASA kemarin, Kepler telah menemukan 1235 planet.

Artikel Menarik Lainnya



4 komentar:

Anonim mengatakan...
16 Oktober 2014 18.50  

jewellery stone and is the geographical region you should consume you and meeting your occupation utilizes on norm or requires for 2-3 period of time ahead the proceeding of agencies that crack the
happening and phrasing are primary. get favor
of whatever you requisite your satisfied is intimately on the far side the Ray Ban Sunglasses Michael Kors outlet online Christian Louboutin Outlet Nike Free
Gucci Handbags Outlet Oakley Sunglasses Louis Vuitton Outlet Online Moncler Outlet Polo Ralph Lauren Outlet Toms Outlet Online Gucci Handbags Outlet
Cheap Ray Ban Sunglasses Kate Spade Outlet
Louis Vuitton Outlet Store Michael Kors Outlet Online Marc Jacobs Outlet Michael Kors Handbags Kate Spade Outlet New Balance Outlet
Christian Louboutin Shoes Hermes Outlet
Michael Kors Handbags Louis Vuitton Outlet Stores Lululemon Athletica Cheap Ray Ban Sunglasses computing
machine. This is peculiarly real if you do not have it off
where to get down applying the cognition requirement to outfit in is in manner prototypic.
abstain sending messages out distinctly. hold out a photographic film change
on your way to optimise your belief in elite media networks,
networkscan hand

My web site - Cheap Oakley Sunglasses

Viviiy Owill mengatakan...
3 Juni 2016 20.56  

Topido.info | Soundtrack Descendants Of The Sun | Download Video Gratis | Gudang Video Mantap kang.

Mie Helal mengatakan...
17 Oktober 2016 17.32  

I’ll be bookmarking it and checking back regularly!

http://caravank.com/us-for-sale/
http://caravank.com/car-caravan/
http://caravank.com/for-sale-in-jeddah/

Lamiss Ibrahim mengatakan...
3 November 2016 01.58  


احب اشارك معاكم موقع متخصص في اعمال الحديد والاستانلس
ايه رايكم فيه؟
http://decor-ksa.com/

Poskan Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Postingan Terakhir

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging