Khasiat Buah Mengkudu

Sabtu, 20 Maret 2010 ·

Buah mengkudu mempunyai berbagai kandungan zat yang berguna bagi manusia. Keistimewaan buah ini adalah mempunyai kandungan scopoletin, serotin, damnacantal, athraquinon, dll. Buah mengkudu atau pace sangat efisien untuk mengobati diabetes, penyakit jantung, stroke, memperbaiki tekanan darah bahkan dapat menyehatkan kelenjar thyroid, meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu buah mengkudu dijadikan jus dapat menstabilkan gula darah dan mencegah pembengkakan prostat. Sebagai paionkiller, jus mengkudu dapat mengurangi rasa nyeri pada waktu menstruasi. Sebagai sel generator, buah mengkudu mampu memulihkan kondisi dan juga fungsi hati. Bahkan dinyatakan juga bahwa jus sari buah mengkudu juga sebagai adaptogen yaitu turut meningkatkan daya penyembuhan tubuh tanpa efek samping ketika jus sari buah mengkudu dikombinasikan dengan pengobatan medis atau pengobatan alternatif.

 

Tumbuhan mengkudu (Morinda Citrifolia) sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tumbuhan berbuah kuning pucat tersebut bisa ditemui di berbagai daerah. Biasanya tumbuh secara liar di pekarangan rumah atau pinggir jalan. Selain mengkudu, nama lokal lain adalah pace, bentis, kemudu (Jawa), cangkudu (Sunda), kondhuk (Madura), bangkudu (Batak), neteu (Mentawai), keumudee (Aceh), tibah (Bali), atau rewonang (Dayak). Namun secara Internasional, mengkudu lebih dikenal sebagai "noni" yang merupakan sebutan khas orang Hawai. Oleh karenanya, mengkudu pun mendapat julukan lain yakni sebagai Hawaiian magic plant karena tanaman ini dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Karena selalu mengkonsumsi mengkudu, mereka merasa selalu sehat sepanjang tahun, tanpa gangguan penyakit yang berarti. Demikian pula dengan masyarakat di sejumlah negara sudah sejak lama mengenal mengkudu sebagai tanaman obat multi khasiat. Seluruh bagian tanaman, mulai dari akar, batang hingga buah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

 

Secara tradisional, bagian tanaman mengkudu digunakan dalam bentuk segar, sari buah atau seduhan dan tapal. Akar misalnya, dimanfaatkan untuk mengobati kejang-kejang dan tetanus, menormalkan tekanan darah, obat demam dan tonikum. Kulit batang digunakan sebagai tonikum, antiseptik pada luka atau pembengkakan kulit. Daunnya digunakan sebagai obat disentri, kejang usus, pusing, muntah-muntah dan demam. Sedangkan buahnya untuk obat peluruh kemih, usus-usus, pelembut kulit, kejang-kejang, bengek, gangguan pernapasa dan radang selaput sendi. Sementara itu secara modern, berdasarkan hasil penelitian dan riset tentang khasiat mengkudu, para ilmuwan Barat berhasil mengidentifikasi mengkudu mengandung zat-zat aktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dr. Isabella Abbot misalnya, seorang ahli botani, pada tahun 1992 menulis, mengkudu semakin banyak digunakan orang untuk mengontrol diabetes, kanker dan tekanan darah tinggi. Kemudian pada tahun 1993, Jurnal Center Letter melaporkan bahwa beberapa peneliti dari Keio University dan Institute of Biomedical Sciences Jepang melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman. Mereka mengklaim telah menemukan zat antikanker dalam buah mengkudu. Yang agak popular tampaknya hasil survei yang dilakukan Dr. Neil Solomon terhadap 8.000 pemakai sari buah mengkudu, termasuk 40 dokter dan praktisi medis. Hasilnya memperlihatkan, jus mengkudu membantu menyembuhkan sejumlah penyakit. Sedikitnya ada 22 jenis penyakit antara lain darah tinggi, kolesterol, stoke, kanker, asam urat, diabetes, kelemahan seksual, rasa nyeri, depresi, gangguan ginjal dan stres dengan tingkat keberhasilan 78%. Selain itu, jus mengkudu efektif menyembuhkan gangguan pencernaan, obesitas, alergi, sulit tidur, meningkatkan daya konsentrasi hingga daya seksual. Menurut hasil penelitian, selain mengandung zat nutrisi, buah mengkudu juga mengandung zat aktif seperti terpenoid, anti bakteri, scolopetin, anti kanker, xeronine, proxeronine, pewarna alami dan asam. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh tergolong lengkap di mengkudu. Terpenoid merupakan zat penting yang berfungsi membentuk tubuh dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Sedangkan zat anti bakteri dalam mengkudu antara lain antrakuninon, acubin dan alizarin. Zat-zat tersebut diantaranya mampu mematikan bekteri penyebab infeksi jantung dan disentri.

 

Resep Sehat Mengkudu

 

Ø      Buah mengkudu muda dibuat jus. Untuk menambah rasa, bisa dibubuhi sedikit madu. Ramuan ini diminum 30 menit sebelum sarapan.

Khasiat :

ü      Menbersihkan endapan lemak darah sehingga bisa menyembuhkan aterosklerosis, stroke serta mencegah serangan jantung.

ü      Dapat membatasi penyerapan dan pembentukan lemah di tubuh sehingga dapat membantu program diet.

ü      Selain itu, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan pikiran tegang, stres, gelisah dan mengurangi rasa tak nyaman.

 

Ø      Buah mengkudu matang dihaluskan kemudian dicampur dengan rimpang lempuyang parut dan beberapa sendok makan air masak. Hasil perasannya diminum.

Khasiat :

ü      Mengobati peradangan hati, peradangan ginjal dan peradangan limpa karena serangan malaria.

ü      Membantu membuang cairan empedu dan kolesterol berlebihan dan menyembuhkan radang saluran kencing yang kerap disebut anyang-anyangan.

 

Ø      Buah mengkudu matang dihaluskan, lalu dicampur dengan rimpang lengkuas parut dan beberapa sendok makan air panas. Hasil perasannya lalu diminum. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan madu atau gula.

Khasiat :

ü      Menurunkan demam karena flue dan masuk angin terutama pada anak-anak.

ü      Ramuan ini juga mengobati radang tenggorokan dan amandel.

Artikel Menarik Lainnya



1 komentar:

putri mengatakan...
17 Juni 2010 17.37  

klau untuk tumor otak gimana dibuat jusnya??

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Postingan Terakhir

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging