Ilmuwan Temukan Planet yang Lebih Panas dari Bintang

Minggu, 30 Januari 2011 ·

Para ahli astronomi telah menemukan planet terpanas. Bahkan lebih panas dari bintang.

Planet tersebut diprediksi merupakan sebuah gas raksasa dengan suhu mendekati 3.200 derajat celsius. Suhu tersebut dikatakan melebihi suhu panas milik beberapa bintang.

Para ahli astronomi temukan planet bernama WASP-3b, yang berukuran 1,4 dari planet Jupiter, yang mengorbit dengan bintang induk dengan jarak kurang dari 7 persen jarak planet Merkurius dengan matahari. Demikian seperti yang dikutip dari New Scientist, Rabu (19/1/2011).

Planet WASP-33b mengorbit mengelilingi bintangnya setiap 29 setengah jam. Meski orbit planet WASP-33b bukanlah orbit terdekat suatu planet dengan bintang tapi bintang induk WASP-33b diketahui terlalu panas untuk menaungi sebuah planet. Bintang tersebut memiliki temperatur 7.160 derajat celcius, jauh lebih panas dari matahari kita, yang mana suhu permukaannya berkisar 5.600 derajat celcius.

Kombinasi dari dekatnya jarak orbit serta temperatur yang tinggi dari bintang induk, memanaskan planet WASP-33b hingga mendekati suhu 3.200 derajat celcius, menurut pengukuran infra merah terbaru melalui kamera di William Herschel Telescope di Canary Islands, Afrika.

Suhu yang panas dari planet WASP-33b lebih tinggi dari beberapa bintang merah. Lalu suhu planet WASP-33b juga lebih panas 700 derajat celcius dari planet WASP-12b, yang mana memiliki temperatur 2.300 derajat celcius.

Penelitian ini dipimpin oleh Alexis Smith dari Keele University di Staffordshire, Inggris.


Sumber : Okezone

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Postingan Terakhir

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging