Agustus, llmuwan Siapkan Ekspedisi Titanic

Rabu, 28 Juli 2010 ·

RICHMOND - Sekelompok ilmuwan akan melakukan ekspedisi bulan depan untuk memastikan kondisi kapal yang tenggelam sejak tahun 1912 itu.

Ekspedisi tersebut berjarak 2,5 mil atau sekira empat kilometer di dalam laut Atlantik Utara disebut-sebut sebagai misi ilmiah sejak kapal yang tenggelam itu ditemukan 25 tahun lalu.

Perjalanan selam 20 hari itu merupakan hasil kerja sama antara St John Newfoundland dengan RMS Titanic Inc (perusahaan yang memiliki hak eksklusif atas kapal tersebut), serta Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusets. Ekspedisi ini tidak ditujukan untuk mengumpulkan artefak tetapi akan melacak sepanjang 2 hingga 3 mil dari letak puing-puing di mana ratusan ribu artefak tetap tersebar.

Beberapa pengunjung di dunia yang paling sering ke situs akan menjadi bagian dari ekspedisi bersama dengan seorang ilmuwan laut dan organisasi-organisasi seperti National Oceanic and Atmospheric Administration. Para ilmuwan mengatakan jika data ilmiah dan gambar terbaru nantinya akan dapat diakses oleh publik.

"Untuk pertama kalinya, kami benar-benar akan memperlakukannya sebagai situs arkeologi dengan dua hal yang ada dalam pikiran," ujar seorang pemimpin ekspedisi dari Woods Hole David Gallo, seperti dikutip melalui Straits Times, Rabu (28/7/2010).

"Salah satunya adalah untuk melestarikan warisan kapal dengan meningkatkan kisah Titanic itu sendiri. Bagian kedua adalah untuk benar-benar memahami bagaimana kondisi kapal tersebut," tambahnya.

Kapal Titanic menabrak es dan tenggelam pada perjalanan perdananya di perairan internasional pada tanggal 15 April 1912. Dalam peristiwa tersebut sekira 1.522 orang tewas.

Sumber : Okezone

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Postingan Terakhir

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging