Pengertian Tentang JavaScript

Sabtu, 31 Juli 2010 ·

Dilihat dari namanya yang menggunakan kata “Java” yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Jawa, banyak orang yang menyangka jika script ini berasal dari bahasa Jawa. Prasangka ini sangat jauh sekali jika kita mempelajari script ini. Tidak ada sepatah kata pun yang berasal dari bahasa Jawa dalam script ini.

Dalam blogosphere, JavaScript sangat dikenal dengan script yang bisa bikin gendut blog kita dan dapat membuat loading blog menjadi berat. Banyak yang sudah kenal dengan JavaScript, tetapi banyak juga yang belum tahu apa itu JavaScript. Oleh karena itu, ayo kita kupas tuntas.

Menurut Wikipedia, JavaScript adalah bahasa scripting yang popular di internet dan dapat bekerja di sebagian besar browser popular seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.


Yang pertama kali merancang JavaScript adalah perusahaan bernama Netscape Navigator yang ingin melengkapi fitur browser miliknya -Navigator- yang sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java.

JavaScript biasanya diletakkan pada bagian antara tag <head> dan </head> dan imulai dengan tag <script type="teks/javascript"> diakhiri dengan tag </script>

Contoh JavaScript

<script type="teks/javascript">
alert("Halo Dunia!");
</script>

File JavaScript biasanya terletak di file tersendiri yang berektensi *.js dan dipanggil dengan cara menentukan nama file lalu dimasukkan dalam tag <script type="teks/javascript" src="nama_file.js"></script>. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.

Sumber : Seputar-internet

Artikel Menarik Lainnya



2 komentar:

cepplux mengatakan...
14 Oktober 2010 17.02  

kalo arti kode" yang ada dalam javascript tau gak ?? kalo tau ntar tolong dishare artikelnya ya,, dan kasi tau saya di blog saya,, makasih sebelumnya ...
oh ya salam kenal :)

haryadi.182 mengatakan...
14 Juni 2013 08.35  

kita juga punya nih artikel mengenai 'Javascript', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1725/1/Artikel_17108189.pdf
terimakasih

Poskan Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Postingan Terakhir

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya adalah pemula di dunia blogging