Fungsi Atmosfer Bagi Bumi

Senin, 02 April 2018 ·


Atmosfer bisa melindungi Bumi dari radiasi sinar matahari, sehingga aman bagi makhluk hidup di Bumi. Selain melindungi Bumi, rupanya atmosfer juga mencegah Bumi dari bahaya meteor atau asteroid yang ada di luar angkasa.
Ketika meteor atau batu luar angkasa menuju Bumi, maka lapisan ini bisa membakar objek tersebut. Sehingga, jadilah ukuran yang lebih kecil atau serpihan kecil ketika sampai mendarat ke Bumi sebagai meteorit.

Atmosfer jika dilihat dari Bumi seperti langit, sehingga apabila manusia melihat langit tidak hanya menampakan keindahan, tetapi fungsinya jauh lebih besar.
Dari tujuh lapisan langit, lapisan Mesosfer dijelaskan merupakan lapisan yang melindungi Bumi dari meteor yang jatuh ke Bumi. Meteor akan terbakar pada lapisan ini.
Buku 'Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran' karya Af Idah Salmah menjelaskan bahwa lapisan atmosfer berfungsi menahan benda-benda langit yang akan jatuh ke Bumi.
Dalam Alquran dijelaskan bahwa langit dipelihara oleh Allah agar Bumi terlindung dari benda-benda berbahaya yang berjatuhan dari luar angkasa. Langit sebagai pelindung Bumi disebutkan dalam salah satu ayat Alquran.
"Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya," Surah Al Anbiya Ayat 32. 

Sedangkan dalam buku yang ditulis Ramadhani dkk dengan judul ‘Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik, Harun Yahya mengungkapkan bahwa salah satu fakta tentang alam semesta yang diungkap dalam ayat-ayat Alquran adalah langit yang terdiri dari tujuh lapisan.
"Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu," Surah Al-Baqarah Ayat 29. 

Lapisan atmosfer yang terdekat dengan Bumi dinamakan Troposfer. Lapisan tersebut membentuk sekira 90 persen dari keseluruhan massa atmosfer.
Lapisan di atas Troposfer dinamakan Stratosfer. Setelah lapisan stratosfer, ada yang dinamakan Ozonosfer, yakni lapisan yang mengembalikan sebagian besar sinar ultraviolet dan radiasi berbahaya.
Kemudian ada lapisan yang dinamakan Mesosfer, Lapisan di atas Ozonosfer. Lapisan Mesosfer dijelaskan merupakan lapisan yang melindungi Bumi dari meteor yang jatuh ke Bumi. Umumnya meteor akan terbakar pada lapisan ini.
Lapisan Termosfer berada di atas lapisan Mesosfer. Lapisan Termosfer tepat berada di bawah Eksosfer, di mana pada lapisan ini radiasi ultraviolet menyebabkan ionisasi. Dinamakan Termosfer karena terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi pada lapisan ini.


[*]

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging