Menyimpan Baterai Li-Polymer Biar Awet Meski Tak Dipakai

Senin, 02 April 2018 ·

Ada beberapa tahapan untuk menyimpan baterai Li-Poly atau Li-ion agar bisa bertahan lama.

1. Pastikan baterai yang akan disimpan, disimpan di tempat yang kering, tidak terkena matahari, dan bersuhu sekitar 15-25 derajat. Hindari tempat yang lembab, jika akan di taruh di laci dan kemungkinan laci tersebut lembab, sebaiknya masukkan baterai ke dalam toples atau container yang rapat.

Meletakkan beberapa bungkus silica gel di dalam laci untuk menjaga kekeringan juga dianggap baik.

2. Pastikan baterai yang akan disimpan di charge dulu sekitar 40%-50%, jangan sampai penuh. Ini untuk menghindari voltage drop selama penyimpanan. Lebih baik lagi jika kita memiliki multi-meter atau volt-meter untuk mengukur tegangan baterai.

Setelah baterai diisi sekitar 40-50%, diamkan selama 90 menit baru ukur. Rata-rata voltage 40-50% baterai penuh akan ada di 3.8V.

3. Setelah berbulan-bulan di simpan, ada baiknya diukur kembali voltage baterai tersebut, jangan sampai berada di bawah 2.5V, karena baterai akan masuk fase "tidur", yang tidak baik untuk sel-selnya bertahan. Kalau sudah mendekati ambang bawah sebaiknya di charge hingga 40-50% kembali. (jsn/fyk)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

[*]

Artikel Menarik Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Klasik Klik di sini

Artikel Populer

Komentar Terakhir

Tukeran Link

<a href="http://belajartrikblog.blogspot.com">target="new"><strong>Belajar Trik Blog</strong></a>

Mengenai Saya

Foto saya
Saya adalah pemula di dunia blogging